Minggu, 02 Desember 2012

Sawah

Sawah adalah lahan usaha yang secara fisik berpermukaan rata, di batasi oleh pematang, serta dapat ditanami padi,palawija, atau tanaman budidaya lainnya. Kebanyakan sawah digunakan untuk becocok tanam padi. Untuk keperluan ini, sawah harus mampu menyangga genangan air karena padi memerlukan penggenangan pada periode tertentu dalam pertumbuhannya. 

Sawah membutuhkan air yang disebut irigasi. Sawah yang sistem irigasinya dari waduk, sungai atau mata air disebut sawah irigasi. Sedangkan sawah yang airnya dari hujan disebut sawah tadah hujan, dan panennya setahun sekali pada saat musim penghujan. Padi yang di tanam di sawah dikenal sebagai padi lahan basah, ada juga padi di lahan kering yang namanya padi gogo. 

Pada lahan yang berkemiringan tinggi, sawah dicetak berteras untuk menghindari erosi dan menahan air. Sawah berteras banyak terdapat di lereng-lereng bukit atau gunung di Jawa dan Bali. Pada awal pengolahan sawah sebelum ditanami tanah haruslah dibajak, kegiatan membajak diperlukan karena mengangkat bagian sawah tanah dibalik ke atas. Selain untuk menggemburkan tanah juga untuk mengangkat bagian dalam tanah yang subur ke atas. 

Pada awal masa pertanian mulai berkembang, manusia hanya menggunakan sekop. Pada perkembangannya bajak biasanya ditarik oleh seekor kerbau atau sapi. Walau denikian, di beberapa daerah, bajak ditarik oleh kuda. Bahkan di Desa Temuwuh, Kecamatan Dlingo, Bantul, Yogyakarta memakai tenaga manusia. Adapun untuk sekarang traktor telah banyak menggantikan peran tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates