Senin, 03 Desember 2012

Ikan

Ikan merupakan hewan bertulang belakang atau vertebrata yang digolongkan dalam kelas Pisces. Hewan ini hidup di air, baik air tawar maupun air asin. Berbeda dengan mamalia atau burung, temperatur tubuh ikan tergantung pada lingkungannya. 

Ikan hidup di lingkungan air, yaitu air tawar, payau, dan laut. Keanekaragaman jenis dan jumlah ikan di sebuah perairan antara lain ditentukan oleh iklim, sinar matahari, kadar oksigen, serta jumlah dan kualitas plankton yang ada di perairan tersebut.

Sekitar dua pertiga jenis ikan hidup di laut. Keanekaragaman ikan tertinggi terdapat di laut tropis. Kebanyakan ikan laut hidup di permukaan karena di bagian ini kaya akan sinar matahari dan plankton sebagai makanan ikan. Beberapa jenis ikan dapat beradaptasi dengan lingkungan peralihan antara laut dan air tawar. Ikan-ikan ini biasanya bermigrasi ketika akan memijah atau bertelur seperti ikan Salem yang tumbuh dewasa di laut lalu ke sungai untuk bertelur.

Pergerakan ikan dibantu oleh sirip, pada umumnya sirip terdiri dari 5 (lima) lima, yaitu sirip punggung, sirip dada, sirip perut, sirip dubur dan sirip ekor. Pada beberapa jenis ikan, sirip-sirip tersebut termodifikasi menjadi organ lain. Pada umumnya ikan bernafas dengan insang.

Tubuh ikan dilapisi dengan lendir dan ditutupi oleh sisik. Lendir berguna untuk mengurangi gesekan air pada saat berenang.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates