Senin, 01 April 2013

Pos

Istilah "pos" berasal dari bahasa Romawi Kuno, positus (ditempatkan). Istilah ini mengacu pada kuda yang dinaiki pleh petugas pengantar surat yang ditambatkan di suatu tempat untuk beristirahat.

Aktivitas kiriman pos di tanah air telah dimulai sejak zaman Kerajaan Mulawarman, Sriwijaya, Tarumanegara, Mataram Kuno, Purnawarman, dan Majapahit oleh para bangsawan dan biarawan. Mereka menulis dalam bahasa Sanskerta dengan menggunakan huruf Palawa.

Pada masa VOC ( Verenigde Oost - Indische Compagnie), telah terjadi pengiriman surat menyurat antara Pulau Jawa dan daratan Eropa. Kantor pos pertama di Indonesia didirikan oleh VOC pada masa pemerintahan Gubernur Jenderal Gustaaf W. Baron van Imhoff pada 26 Agustus 1746 di Batavia ( kini Jakarta ). Pada saat sekarang jawatan pos Indonesia di Indonesia dikelola oleh PT Pos Indonesia.

Pos adalah jawatan yang menyelenggarakankirim-mengirim surat, dokumen, barang, uang, dan jasa pelayanan lainnya.  Kantor pos mengumpulkan, menyortir, serta memeriksa isi dan perangkonya kemudian dikirim ke alamat tujuan melalui kantor pos cabang di wilayah masing-masing. Kantor pos menyediakan benda pos seperti perangko, meterai, formulir wesel uang, koleksi prangko ( filateli ), dan kartu pos.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates